Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Herawati Diah, Tokoh Wartawan Perempuan yang Dibadaikan di Google Doodle

JAKARTA, HOLOPIS.COMBagi para pengguna mesin pencari Google di Indonesia, tentu akan melihat tampilan tematik di frontend, ia disebut sebagai Google Doodle. Biasanya, Google akan nemapilkan desain tematik untuk memperingati momentum tertentu yang spesial di masing-masing negara. Salah satunya hari ini, dimana Google menampilkan sosok Herawati Diah.

Lantas siapakah Herawati Diah, sampai Google repot-repot membuat desain untuk Google Doodle mereka. Ternyata, Herawati Diah adalah seorang tokoh pers asal Indonesia yang telah ikut mewarnai dunia jurnalistik di Indonesia.

Google Doodle menampilkan sosoknya untuk memperingati hari ulang tahunnya, yang ke 105 tahun yang lalu.

herawati diah
Herawati Diah, sosok tokoh pers senior Indonesia.

Sekilas tentang Herawati Diah

Herawati Diah memiliki nama lengkap Siti Latifah Herawati Diah. Ia lahir di Belitung pada tanggal 3 April 1917 dan merupakan puteri dari pasangan Latip dan Siti Alimah.

Herawati Diah juga merupakan seorang istri dari tokoh pers Indonesia yang menjadi mantan menteri luar negeri Indonesia B.M Diah.

Semasa sekolah, Herawati Diah mengenyam pendidikannya di Europeeche Lagere School di Salemba, Batavia. Lalu Herawati melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Dan saat menginjak pendidikan di perguruan tinggi, Herawati mengambil jurusan pendidikan sosiologi dan ilmu jurnalistik di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Colombia, New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 1942, Herawati pulang ke Indonesia. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan lepas di kantor berita United Press International (UPI), inilah kali pertama Herawati merasakan dunia jurnalistik profesionalnya. Selanjutnya, Herawati menjadi penyiar di radio Hosokyoku.

Saat menjadi penyiar, Herawati bertemu dengan B.M Diah. Mereka berdua lalu menggerakkan Harian Merdeka. Mereka juga mendirikan surat kabar berbahasa Inggris, Indonesian Observer pada tahun 1954.

Herawati Diah menorehkan beragam prestasi salah satunya Lifetime Achievement atau Prestasi Sepanjang Hayat dari PWI Pusat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru