JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tidak terasa kita sudah kembali memasuki bulan Ramadan yang penuh berkah. Bagi Sobat Holopis yang sedang merantau dan tinggal jauh dari keluarga, pasti kangen dengan makanan-makanan khas Ramadan yang ada di daerah Sobat Holopis.

Salah satunya takjil kolak durian ketan khas Medan yang nikmatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kuah gula merah manis, ditambah dengan durian yang kaya rasa, dan gurihnya ketan jadi perpaduan yang sempurna saat berbuka puasa.

Yuk, kita coba bikin supaya mengobati rasa kangen sama kampung halaman!

Durian
Durian (foto: Pinterest).

Bahan:

800 gram daging durian
250 gram beras ketan
80 gram gula merah/gula aren
1 liter santan
100 gram gula pasir
½ sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat:

Cuci beras ketan hingga bersih, dan rendam selama 2 juam. Lalu tiriskan dan rebus beras ketan hingga matang. Lalu siapkan santan, gula merah, gula pasit, daun pandan, dan juga garam. Rebus bahan hingga mendidih dan terus diaduk untuk menghindari pecah santan.

Setelah mendidih, masukkan daging durian (tanpa ada biji) dan aduk sesekali. Setelah rasanya pas, siram kuah santan di atas ketan yang sudah ditata rapih di mangkuk.

Sajikan kolak durian ketan selagi hangat, atau bisa dinikmati saat dingin dengan memasukannya di dalam kulkas sebelum disantap.

Selamat mencoba!