Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pemerintah Siapkan Posko Vaksinasi Untuk Pemudik di Bandara dan Pelabuhan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyiapkan strategi percepatan vaksinasi untuk masyarakat yang akan mudik lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknya akan memfasilitasi pelaku perjalanan yang belum memperoleh vaksin booster untuk divaksinasi di simpul keberangkatan, seperti di Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta (Soetta), Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Tanjung Perak serta tempat lainnya.

“Insyaallah ini bisa, vaksinasi terutama untuk vaksinasi yang ketiga ada di simpul-simpul transportasi, di bandara, di Soetta, di Priok, di Perak, di pelabuhan, di terminal, juga stasiun-stasiun kereta api,” kata Budi, Jumat (1/4).

Selain posko vaksinasi, Budi juga mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan kesiapan infrastruktur transporrasu sampai dengan kesehatan awak transportasi yang melayani saat mudik lebaran nanti.

“Beberapa hal yang kami akan antisipasi tentu tersedia kualitas dan kapasitas dari transportasi di semua moda itu. Saya minta kepada para Dirjen untuk melakukan ramp check. Bis, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check,” jelasnya.

Budi pun mengingatkan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi yang sudah melalui inspeksi keselamatan.

“Bisa disampaikan pada masyarakat bahwa tidak semua bis itu bisa digunakan, hanya bis yang sudah dilakukan ramp check bisa digunakan,” tegasnya.

Selain pemeriksaan aspek keselamatan terhadap kelaikan angkutan, lanjut Budi, juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak transportasi.

“Kita juga mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak transportasi: pilot, nahkoda, masinis, sopir bis. Bisa kita lakukan di simpul transportasi, di bandara, di terminal, stasiun, dan sebagainya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru