Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

MotoGP Musim 2023 Akan Larang Penggunaan Ride Height Device di Motor Pembalap

JAKARTA, HOLOPIS.COM MotoGP musim kompetisi 2023 mendatang, akan melarang penggunaan ride height device yang digunakan untuk atur ketinggian motor. Larangan itu dikeluarkan, setelah ada keputusan Komisi Grand Prix terkait aspek keselamatan para pebalap.

Perangkat tersebut pertama kali di uji oleh Ducati, yang membuat bagian depan motor pembalap bisa direndahkan ketika menikung agar dapat melaju lebih kencang ketika keluar tikungan.

Selain itu, ride height device juga bisa tingkatkan kecepatan maksimal yang masuk menuju tingkat yang membahayakan. Bahkan itu menuai protes dari beberapa pembalap Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Marc Marquez.

“Delegasi Komisi Grand Prix diminta untuk mempertimbangkan dua proposal alternatif terkait masalah ini. Keduanya memiliki tujuan untuk mencegah kenaikan biaya untuk perbaikan dan pengembangan performa,” demikian peryataan resmi komisi Grand Prix, di laman resmi MotoGP, Rabu (23/3).

“Setelah mempertimbangkan proposal, peraturan berikut disetujui dengan suara bulat. Penggunaan perangkat apa pun yang mengubah atau menyesuaikan ketinggian bagian depan sepeda motor saat sedang bergerak dilarang.” lanjutnya.

Selanjutnya, untuk pengatur ketinggian ban depan dan belakang motor yakni holeshot device, masih diperbolehkan untuk digunakan di motor pembalap. Biasanya digunakan pembalap, saat akan melakukan start.

Alasan masih diperbolehkan, karena alat tersebut bisa bantu merendahkan pusat gravitasi motor dan membantu para pebalap mencegah ban depan terangkat (wheelie). serta berakselerasi lebih cepat di lintasan saat start.

MotoGP telah lama melarang penggunaan suspensi elektronik, oleh karena itu kedua perangkat pengatur ketinggian itu harus menggunakan komponen hidrolik dan mekanik yang diatur oleh para pebalap.

Holeshot device diaktifkan di grid kemudian dinonaktifkan dengan gaya pengereman saat pebalap melaju menuju tikungan pertama.

Sementara ride height device lebih rumit karena dapat dinyalakan dengan menekan tombol ketika pebalap melaju di tikungan, memungkinkan tinggi kendaraan merendah dengan otomatis saat keluar tikungan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSSI Punya Komitmen Kuat Dalam Pembangunan Timnas Sepakbola Putri, Gak Membeda-bedakan!

PSSI berkomitmen untuk membangun sepakbola nasional, tanpa membeda-bedakan mana putri atau pun putra. Komitmen tersebut ditandai dengan disediakannya anggaran senilai Rp 36 Miliar untuk membangun tahap awal sepakbola putri.

China Open 2024 : Jonatan Christie Goodbye!

Jonatan Christie harus angkat koper dari China Open 2024, usai takluk atas wakil tuan rumah Weng Hong Yang di babak semifinal

China Open 2024 : Fikri/Daniel Terhempas di Semifinal!

Pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin harus angkat koper dari China Open 2024, usai kandas di babak semifinal.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru