JAKARTA, HOLOPIS.COM Antisipasi terjadinya kerumunan di kawasan pasar Tanah Abang jelang bulan Ramadan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat (Jakpus) akan lakukan penjagaan ketat di wilayah tersebut.

Diungkapkan Kepala Satpol PP Jakpus, Bernard Tambunan, bahwa pihaknya akan mengerahkan 500 personel Satpol PP guna menjaga kawasan Pasar Tanah Abang, mulai dari area gedung pasar, trotoar, stasiun hingga Pasar Jati Baru.

“Kita terjunkan 500 petugas setiap hari di sana. Para petugas akan ditempatkan di tujuh titik kawasan Tanah Abang dan melakukan penyisiran secara mobile,” kata Bernard, Selasa (22/3).

Selain Satpol PP, ia juga mengatakan pengawasan ini juga diperkuat dengan personel dari TNI dan Polri yang juga melakukan penyisiran. Diharapkan, dengan pengawasan yang dilakukan ini bisa meminimalkan pedagang musiman menjelang bulan suci Ramadan, terutama pedagang yang menguasai trotoar pejalan kaki

“Kami akan jaga trotoar, jangan sampai dikuasai. Petugas akan melakukan penghalauan sehingga pedagang tidak masuk ke bahu jalan dan mengokupansi trotoar,” kata Bernard.

Selain pasar Tanah Abang, Satpol PP Jakpus juga akan mengawasi lokasi lain yang berpotensi timbulkan kerumanan. Seperti di Jalan Thamrin, Monas, Lapangan Banteng dan Masjid Akbar Kemayoran.