JAKARTA, HOLOPIS.COM Resep panjang umur ternyata tidak hanya dari makanan yang sehat saja, atau rutin berolahraga dan tidak merokok. Tapi berdasarkan sebuah penelitian, berhubungan seks secara teratur bisa jadi sebuah hal panjang umur.

Dalam penelitian di Inggris, dilakukan sebuah survei terkait hubungan seks dari 918 penduduk laki-laki yang cukup sehat di desa Welsh, Caerphilly, mereka berusia 45 hingga 59 tahun ketika penelitian dimulai (pada 1979 hingga 1983).

Setelah satu dekade, para pria tersebut kembali diperiksa saat berusia 55 hingga 69 tahun. Hasilnya, 150 orang meninggal. Sebanyak 67 orang penyebab kematiannya adalah serangan jantung dan 83 lainnya karena sebab lain.

Lalu, penelitian tersebut menghubungkan frekuensi hubungan seksual pria dengan kelangsungan hidup para pria 10 tahun kemudian.

Ternyata ditemukan, pria yang melakukan hubungan seksual sekali sebulan dan dua kali seminggu mengalami pengurangan risiko kematian.

Setelah hasil penelitian diterbitkan, para ahli lainnya menduga bukan seks yang sebabkan umur panjang melainkan perbedaan dalam gaya hidupnya.

Karena dalam penelitian ini dibuktikan, satu-satunya perbedaan kesehatan dalam hal ini adalah tingkat kolesterol, beberapa pria memiliki kadar kolesterol tinggi, sedangkan yang lainnya rendah.

Faktanya, pria berkolesterol tinggi dalam kelompok frekuensi hubungan seksual terbanyak memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih paling rendah.

Jadi peneliti kembali menyimpulkan bahwa berhubungan intim secara teratur mencegah kematian dini, atau dapat dikatakan memperpanjang usia.

Dua penelitian lain juga mendukung hasil studi dari Inggris tersebut, yang menunjukkan tingginya frekuensi bercinta berkaitan dengan kehidupan yang lebih sehat dan lebih lama.