JAKARTA, HOLOPIS.COM Gboard akan dikembangkan dengan fitur layar terpisah, khususnya untuk penggunaan di perangkat layar besar terutama handphone lipat.

Fitur tersebut ditemukann Android Police, dimana ada pilihan untuk nyalakam layar terpisah (split screen) di Gboard versi beta.

Lalu, pengaturan tata letak Gboard, ada tegel yang bertuliskan “layar terpisah untuk memuat tombol duplikat” serta “saat keyboard layar terpisah, beberapa kunci akan diduplikasi di kedua layar”.

Namun, fitur ini baru sekedar pilihan, saat dinyalakan mode layar terpisah belum bisa aktif sehingga tidak diketahui bagaimana tampilannya.

Selama ini, penggunaan Gboard di tablet dan handphone lipat masih belum maksimal. Saat digunakan di layar lebar, tampilannya justru semakin lebar.

Bahkan saat menggunakan mode tablet pada ponsel lipat, tampilan Gboard akan terbelah dan ada ruang kosong di tengah. Layar sebelah kiri memuat tombol untuk huruf Q, W, R, T dan yang ada di bawahnya, sementara layar kanan untuk Y, U, I, O, P dan seterusnya.

Gboard memiliki fitur floating keyboard, mengambang, yang bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan saat mengetik di tablet.