Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Zelensky Desak Swiss Sanksi Tegas Oligarki Rusia yang Danai Perang

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Valodymyr Zelensky mendesak Swiss untuk melakukan tindakan tegas kepada para oligarki Rusia yang dikatakannya mengucurkan dana untuk membiayai invasi ke Ukraina. Hal itu disampaikan kepada ribuan orang dalam aksi protes antiperang di Bern.

Dalam kesempatan yang sama, Zelenskiy juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Swiss sejak invasi Rusia ke Ukraina.

“Bank Anda adalah tempat uang orang-orang yang melancarkan perang ini. Itu menyakitkan. Itu juga perang melawan kejahatan, bahwa rekening mereka dibekukan. Itu juga akan menjadi perlawanan, dan Anda bisa melakukan ini,” kata dia melalui penerjemah seperti disiarkan Reuters, Sabtu (19/3).

“Orang-orang Ukraina merasakan apa yang terjadi ketika kota-kota dihancurkan. Mereka dihancurkan atas perintah orang-orang yang ada di Eropa, di kota-kota Swiss yang indah, yang menikmati properti di kota Anda. Akan sangat baik jika melucuti mereka dari keistimewaan itu,” ucap Zelenskiy.

Tak hanya itu, Zelensky juga turut menyinggung bisnis-bisnis milik Swiss yang masih tetap beroperasi di Rusia. Dia juga menyindir grup Nestle yang masih tetap menjalankan kegiatan usahanya dengan mengatakan, mereka tidak sesuai slogan ‘Makanan yang Baik, Kehidupan yang Baik’.

Terpisah, Juru bicara Nestle yang dimintai komentar atas pernyataan Zelenskiy mengatakan, bahwa perusahaan tidak dapat dengan serta merta mengurangi kegiatan usahanya di Rusia, termasuk menghentikan semua impor dan ekspor makanan yang tidak penting.

“Melanjutkan suplai barang-barang penting ke warga di Rusia tidak berarti kami terus melakukan bisnis seperti biasa di negara itu,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru