JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bersepeda memang menjadi salah satu pilihan yang disukai berbagai kalangan sebagai aktivitas menyehatkan tubuh. Waktu yang dipilih masyarat pun bermacam-macam, tergantung dengan aktivitas masing-masing.

Ada yang suka bersepeda di pagi hari, sore hari, malam, dan durasi yang bermacam-macam. Ternyata, sebenarnya ada loh waktu bersepeda yang tepat untuk dilakukan.

Menurut Dokter Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, olahraga bersepeda memang sangat bagus dilaksanakan apalagi di waktu yang tepat.

“Rutin bersepda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah di tubuh,” kata dr Muliadi melalui keterangan resminya.

Bersepeda secara rutin, dapan menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah. Banyak juga otot tubuh yang terlatih melalui bersepeda, seperti otot perut, paha, betis, hingga kaki.

brompton
Bermain sepeda Brompton. [source : sprout wired]
Dokter Muliadi mengatakan, bahwa olahraga bersepeda bisa dilakukan dengan durasi minimal 2.5 jam dalam seminggu dengan intensitas yang ringan hingga sedang.

“Ada bisa mulai dengan sesi pendek, sekitar 30 menit sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Sesi yang pendek dan sering bisa lebih bermanfaat dibandingkan sesi yang panjang tetapi frekuensi kurang,” kata Muliadi.

Selain itu, Muliadi juga menganjurkan untuk bersepeda di pagi atau sore agar dapat menghindari radiasi sinar UV.

Tetapi, jangan lupa selalu lakukan pemanasan ya agar tidak cedera otot.