MANDALIKA, HOLOPIS.COM Setelah dilalukan pengaspalan di beberapa titik, aspal di Sirkuit Pertamina Mandalika jadi jauh lebih baik dari sebelumnya saat tes pramusim MotoGP 2020 awal Februari lalu.

Bahkan pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo merasakan perbedaan saat melakukan free practice (FP) atau latihan bebas, Jumat (18/3). Quartararo pun mencatatkan waktu tercepat di FP sesi kedua dengan torehan waktu 1:31,608 detik.

“Terasa berbeda, terakhir kali saat tes pramusim batu-batu terlempar, kali ini (serpihan) lebih kecil, jadi ini lebih baik,” ujar Quartararo.

Quartararo juga menyebut racing line kali ini jauh lebih baik, apalagi sebelum motor-motor MotoGP mengaspal untuk latihan, lintasan telah disapu oleh para pebalap ATC, Moto3 dan Moto2.

Hal yang sama juga dirasakan oleh rekan satu timnya, Franco Morbidelli, yang menjadi pebalap tercepat kedua di sesi FP2.

“Hari ini saya sempat melaju di belakang lain namun saya tidak terkena lontaran batu, jadi saya bisa bilang ini lebih baik,” kata Morbidelli.

Sebelumnya saat berlangsung tes pramusim, para pembalap sedikit mengeluhkan aspal di sirkuit Mandalika. Seperti, lintasan yang kotor, berdebu dan aspal yang terkelupas.

Dengan kondisi tersebut, akhirnya Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki sebelum gelaran MotoGP Mandalika 2022 berlangsung.