JAKARTA, HOLOPIS.COM Skuter listrik Yamaha NEO sudah diperkenalkan di pasar Eropa, selanjutnya Yamaha akan mengenalkan skuter listrik E01 yang desainnya mirip dengan Yamaha NMax.

Menurut keterangan dari Yamaha Global pada Jumat (18/3), rencananya kendaraan listrik ini akan diuji di berbagai negara seperti Taiwan,Thailand, Malaysia termasuk Indonesia mulai Juli 2022.

E01 ini akan menggunakan baterai, yang secara khusus dirancang sendiri oleh Yamaha. Ini terpisah, dari kesepakatan konsorsium baterai yang dijalin oleh beberapa pabrikan motor pada akhir 2021.

Spesifikasi
Tenaga yang dimiliki Yamaha E01 sebesar 8,1 kW, dengan torsi yang dihasilkan sebesar 30 nm dan bisa menempuh jarak hingga 104 kilometer (64,6 mil) dalam sekali pengisian daya.

Ada 3 sistem pengisian yang berbeda, yakni pengisi daya cepat, pengisi daya normal, dan pengisi daya portabel. Khusus untuk pengisian daya portabel, akan disertakan dengan setiap E01 yang terselip rapi di bawah jok, tetapi butuh 14 jam untuk beralih dari nol hingga 100 persen.

Sedangkan pengisian cepat, dapat mengisi daya dari nol hingga 90 persen dalam waktu sekitar satu jam. Unit ini dapat dipasang di kantor atau di dealer sepeda motor.

Terakhir pengisian daya normal, dapat berjalan dari nol hingga 100 persen dalam waktu sekitar lima jam, dan akan ditujukan untuk pengguna rumahan.