JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi peringatan kepada Presiden China, Xi Jinping bahwa ia akan menerima konsekuensinya jika memutuskan untuk membantu Rusia.

“Ini adalah kesempatan Presiden Biden untuk melihat ada di pihak mana sebenarnya China berada.” Kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki.

Psaki mengatakan, dalam percakapan antara Biden dengan Xi, pertikaian perdagangan dan rantai pasokan internasional juga akan dibahas, namun fokus besar diperkirakan adalah upaya barat untuk memaksa Rusia pergi dari Ukraina.

Percakapan telepon dua pemimpin tersebut merupakan dialog pertama sejak pertemuan virtual mereka pada bulan November lalu.

Percakapan antara Biden dan Xi tersebut terjadi setelah Rusia menuduh Inggris, Amerika Serikat, Albania, Irlandia, dan Norwegia sebagai kriminal perang.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss mengatakan bahwa sudah ada banyak bukti kuat yang menunjukkan bahwa pasukan Rusia adalah kriminal perang, seiring dengan peperangan yang sudah berlangsung selama 4 minggu.