JAKARTA, HOLOPIS.COM Anggota Komisi VI DPR, Mufri Anam menilai kinerja Kementerian Perdagangan tidak becus dalam mengatasi persoalan minyak goreng di masyarakat. Ia bahkan menyebut Kemendag seperti Macan Ompong.

Hal itu diungkapkan Anam dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri Menteri Perdagangan (Mendag) bersama jajarannya.

“Kami lihat Kementerian Perdagangan ini seperti macan ompong, tidak ada harga dirinya bukan hanya dimata rakyat tapi dimata produsen minyak goreng,” kata Anam dalam rapat kerja di Gedung DPR RI, Kamis (17/3).

Penilaian itu bukan tanpa sebab, Anam menjelaskan bahwa sejak Januari hingga hari ini, sebanyak 6 Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait minyak goreng telah dikeluarkan.

Namun, kata Anam, tidak ada satupun Permendag yang berimplikasi positif terhadap persoalan minyak goreng di masyarakat.

“Kami melihat Kementerian perdagangan gagal dalam memproteksi rakyat kita dari persoalan komoditas salah satunya minyak goreng. Maka harapan kami pak Menteri bisa menjadi pelajaran berharga agar kedepan tidak terjadi hal seperti ini lagi,” cetusnya.

Tak hanya itu, ia menganggap Mendag Lutfi yang seharusnya bertugas sebagai pembantu Presiden. Namun pada realitanya justru sebaliknya.