JAKARTA, HOLOPIS.COM Nisfu Sya’ban atau Nisfu Syaban adalah salah satu momentum yang sangat berharga bagi umat Islam. Karena dengan malam tersebut, seluruh amal shaleh akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT, bahkan doa-doa hamba-Nya akan langsung didengar tanpa penghalang.

Nisfu Syaban terjadi di tengah-tengah bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban. Nisfu Syaban tahun ini terjadi mulai Jumat, 18 Maret sampai Sabtu, 19 Maret 2022. Artinya, malam ini selepas maghrib disunnahkan untuk menjalankan amal-amal baik.

Fadhilah atau keutamaan menjalankan amaliyah di malam Nisfu Sya’ban

1. Pengampunan Dosa

Salah satu malam terbaik sepanjang tahun bagi umat Islam adalah malam nisfu sya’ban. Karena di malam itu, Allah SWT menurunkan banyak rahmat dan ampunan kepada para hamba-Nya yang mau memohon ampun kepada-Nya.

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni makhluk-Nya, kecuali orang-orang musyrik dan orang yang bermusuhan,” Hadist Riwayat Ibnu Majah dan At-Thabrani.

2. Doa-doa Dikabulkan

Kemudian keistimewaan malam nisfu sya’ban adalah dikabulkannya doa-doa para hamba Tuhan yang mau menjalankan amal-amal saleh. Disunnahkan, perbanyak berkhalwat kepada Allah SWT di malam istimewa itu.

“Jika datang malam pertengahan bulan Sya’ban, maka lakukanlah qiyamul lail, dan berpuasalah di siang harinya, karena Allah turun ke langit dunia saat itu pada waktu matahari tenggelam, lalu Allah berfirman, ‘Adakah orang yang minta ampun kepada-Ku, maka Aku akan ampuni dia. Adakah orang yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku akan memberi rezeki kepadanya. Adakah orang yang diuji, maka Aku akan selamatkan dia, dst…?’ (Allah berfirman tentang hal ini) sampai terbit fajar,” (HR. Ibnu Majah, 1/421; HR. al-Baihaqi dalam Su’abul Iman, 3/378).

Amalan Nisfu Sya’ban

1. Berdizkir
Perbanyak melantunkan nama-nama Allah SWT dengan mengagungkannya melalui dzikir. Membaca takbir dan tahmid sebanyak-banyaknya.

2. Membaca Surat Yaasin
Dianjurkan untuk membaca surat Yaasin sebanyak 3 (tiga) kali secara berturut-turut pada malam nisfu sya’ban.

Bacaan pertama ditujukan untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketaqwaan dan dapat istiqamah kepada Allah Ta’ala. Kemudian bacaa kedua ditujukan untuk memohon diluaskan rezeqi yang halal dan menolak bala atau musibah. Kemudian bacaan ketiga ditujukan untuk memohon ditetapkannya Iman Islam hingga akhir hayat.

3. Membaca Istighfar
Perbanyak melantunkan kalimat istighfar yang ditujukan untuk memohon pengampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat baik yang disengaja maupun yang tidak.

4. Shalat sunnah
Perbanyak shalat sunnah baik shalat Taubat, Shalat Tasbih hingga Shalat Tahajjud saat malam hari.

5. Puasa Sunnah
Disunnahkan untuk menjalankan ibadah puasa Sya’ban satu hari pada tanggal 18 Maret 2022.

Niat puasa sya’ban ;

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya : “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”