JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Jokowi sukses melepas para pembalap untuk melakukan iring-iringan menuju Bundaran HI, Jakarta dalam acara lepas parade MotoGP Mandalika 2022.

Dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden Rabu (16/3), setelah itu, Presiden Jokowi dalam konpersnya turut menyampaikan bahwa dirinya tak ikut dalam iring-iringan menggunakan motor karena faktor keamanan.

“Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan,” ucap Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan media.

Presiden Jokowi pun berguyon setelah mendapat larangan tersebut, “Tadi saya lemas itu,” katanya diakhiri dengan ketawa.

Namun, dapat diketahui sebelumnya bahwa Presiden Jokowi pertama-tama menyampaikan puji syukur kepada Tuhan YME karena sukses melepas para pembalap untuk melakukan iring-iringan ke bundaran HI.

“Tadi sudah kita lepas bersama-sama para pembalap dari mancanegara untuk nanti mereka akan langsung bertanding di sirkuit Mandalika pada Jumat, Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Lanjut keterangannya, Presiden Jokowi mengatakan target penjualan tiket sebanyak 60.000 tiket sudah terjual dan megharap bahwa hal ini dapat menjadi sebuah brand baru Indonesia.

“Kita tahu alhamdulillah juga, target tiket yang telah kita berikan 60.000 semuanya sudah terjual dan kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki Sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negaralain,” katanya.

“Nanti kalo sudah eventnya selesai baru kita hitung berapa kira-kira yang masuk, tapi semuanya kita hitung setelah eventnya selesai di hari minggu. Tapi yang jelasmemang dari sisi akomodasi, kuota memang kita masih butuh banyak sekali di Mandalika,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan, pembalap Indonesia juga memiliki potensi untuk naik level ke MotoGP.

“Kita kan ada ada di Moto3, Mario Suryo Aji. Itu bibit dan kita harapkan bisa naik, naik, naik kemudian masuk ke MotoGP,” tukasnya.

Sebagai informasi tambahan, agenda Sirkuit Mandalika itu sendiri akan dimulai Jumat-Minggu mendatang. Dimulai sesi latihan bebas (free practice) satu dan dua serta sesi kualifikasi, Jumat (18/3) dan Sabtu (19/3).

Kemudian dilanjutkan pada race day Minggu (20/3), sesi ini merupakan sesi di mana balapan MotoGP dimulai.