JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penyebab kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah negara di Eropa.

Menurut luhut, kenaikan kasus tersebut disebabkan oleh penyebaran virus Covid-19 subvarian Omicron BA2 atau yang sering disebut dengan anak Omicron.

Selain itu, peningkatan kasus di Eropa juga terjadi setelah sejumlah negara di Eropa melonggarkan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

“Terjadi kenaikan kasus di Eropa sejalan dengan kebijakan melonggarkan protokol kesehatan dan penyebaran subvarian Omicron BA2 yang baru,” kata Luhut dalam keterangan pers virtual, Senin (14/3).

Melihat kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah negara Eropa tersebut, Luhut meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Atas dasar informasi tersebut, pemerintah akan mengambil kebijakan secara lebih berhati-hati menerapkan protokol kesehatan terutama pemakaian masker harus terus kita lakukan,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa negara seperti Arab Saudi dan Malaysia kini mulai melakukan transisi dari pandemi menuju endemi, karena capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster mereka sudah dianggap memenuhi syarat.

Sedangkan capaian vaksinasi Indonesia, kata Luhut, masih di bawah kedua negara tersebut.

Untuk itu, Luhut menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya mendorong percepatan vaksinasi untuk mengejar ketertinggalan tersebut.