JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi jelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

“Sehingga nanti kita semua yang melaksanakan ibadah puasa bisa lebih bebas nanti melakukannya tentu tidak meninggalkan protokol kesehatan,” kata Luhut dalam keterangan pers virtual, Senin (14/3).

Untuk itu, Luhut meminta kepada masyarakat, khususnya lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid untuk segera melakukan vaksinasi.

Ia mengimbau agar tidak memilih-milih jenis vaksin Covid-19. Sebab, kata Luhut, semua vaksin sama-sama efektif menekan tingkat keparahan akibat infeksi Covid-19.

“Kita berharap aktivitas ibadah umat muslim dalam Ramadan tetap dapat berjalan maksimal dengan menerapkan prokes sehingga tidak terjadi lonjakan kasus,” ujar Luhut.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masih ada dua pekan sebelum bulan suci Ramadan tiba untuk mempercepat vaksinasi, baik itu vaksinasi lengkap maupun booster.

“Dan itu untuk keamanan kita semua juga,” tuturnya.

Luhut lantas mengungkapkan, beberapa negara seperti Arab Saudi dan negara tetangga, Malaysia kini mulai melakukan proses transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Tolak ukur yang menjadi pertimbangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster di negara tersebut yang terbilang sudah tinggi.

Sementara di Indonesia sendiri, capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster masih tertinggal dibanding kedua negara tersebut.

“Untuk itu, Pemerintah akan mengejar capaian vaksinasi dosis lengkap dan juga booster,” ungkap Luhut.