Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizAPPSI Teriak ke Kemendag, Minyak Goreng Susah Diakses di Pasaran

APPSI Teriak ke Kemendag, Minyak Goreng Susah Diakses di Pasaran

JAKARTA, HOLOPIS.COMKetua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sudaryono mempertanyakan data yang dikantongi oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi soal stok minyak goreng aman dan masih bisa membanjiri masyarakat.

Di mana kata Mendag Lutfi, domestic market obligation (DMO) yang telah dikumpulkan lebih dari 20 persen atau 20,7 persen yang berjumlah 573.890 Ton. Dengan demikian, stok yang ada bisa memenuhi 2 liter minyak goreng untuk kebutuhan bulanan masing-masing masyarakat.

“Mungkin datanya pak Lutfi benar, tapi kalau memang benar datanya kan harusnya barangnya ada di pasaran. Ini masalahnya di pasaran kan nggak ada,” kata Sudaryono dalam konferensi persnya, Kamis (10/3).

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa para distributor langganan pedagang pasar juga banyak yang mengeluhkan kekosongan stok. Bagi Sudaryono, ini menjadi tantangan besar yang seharusnya bisa dikelola dan diatasi oleh pemerintah.

“Sekarang bukan minyak goreng yang murah, tapi mendapatkan akses minyak gorengnya yang susah,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen DPP APPSI Muhammad Mujiburrohman mengatakan, bahwa untuk kebutuhan pasar di satu wilayah rata-rata sampai 153 ton. Jika stok tersebut bisa dipenuhi, maka pasokan minyak goreng di pasar bisa tersedia.

“Kita itu rata-rata per hari kebutuhannya 153 ton, jadi kalau setiap hari kita dibanjiri di pasar di Jakarta saja, barang kali bisa mencukupi. Tapi faktanya ada banyak dan bahkan ada pasar yang sudah 2 bulan ini tidak dijamah terutama pasar-pasar kecil,” ujarnya.

Namun ia juga menyampaikan ironi para pedagang pasar di situasi saat ini, di mana stok minyak goreng di pasar cepat sekali tersedia ketika ada sidak dari Menteri saja.

“Pasar Kramat Jati (Jakarta Timur) misalnya, ketika Menteri mau turun (kunjungan pasar) ya malamnya baru pada datang (supply minyak goreng), artinya ini hemat kami lebih ke politis, bukan untuk melancarkan distribusi,” ketusnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.