Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizJanji Kemendag: Jamin Stok Minyak Goreng Selama Ramadan

Janji Kemendag: Jamin Stok Minyak Goreng Selama Ramadan

JAKARTA,.HOLOPIS.COM – Kementerian Perdagangan menjamin stok minyak goreng di pasaran akan aman menjelang dan saat Ramadan.

Hal tersebut merespons kekhawatiran masyarakat yang mengaku sulit mendapatkan minyak goreng di pasaran.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyampaikan stok minyak goreng akan terpenuhi untuk kebutuhan masyarakat saat ramadan.

Bahkan, ia memastikan harga minyak goreng di pasaran akan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Ketersediaan saya pastikan stoknya itu kita maintain 628 ribu ton, artinya ada kurang lebih untuk kebutuhan 1,5 bulan itu pasti kita amankan,” katanya, (8/3).

Ia menyebut ada sejumlah besar minyak goreng yang akan dipasok. Dengan demikian diharapkan mampu mempengaruhi harga eceran yang diterima di masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan minyak goreng sesuai HET.

“Yang segera dipasok itu adalah rata-rata nasional 600 ribu (liter), minyak goreng dengan harga terjangkau ini sudah merasuk masuk dari indikator dari harga rata-rata nasional dari yang tadinya Rp 18 ribu sekarang bahkan sudah di bawah Rp 16 ribu (per liter). Indikatornya udah mulai membaik, saya pastikan puasa dan lebaran harga eceran tertinggi dan harga terjangkau itu akan semakin mudah diakses oleh masyarakat,” terangnya.

Oke menuturkan sejak penetapan Harga Eceran Tertinggi oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, distribusi minyak goreng saat ini telah terpengaruh.

Ia menegaskan saat ini minyak goreng yang terdistribusi di pasaran adalah minyak goreng harga murah.

Artinya, seharusnya HET minyak goreng sudah berlaku seiring dengan stok minyak goreng yang mudah didapatkan masyarakat.

“Prinsipnya minyak goreng saat ini minyak goreng yang saat ini sudah dikategorikan harusnya minyak goreng murah, tapi ada yang mempermainkan ini, baik dari alirannya maupun dari harganya,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Sri Mulyani Ingatkan Digitalisasi Keuangan Daerah Bisa Timbulkan Malapetaka

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pemerintah pusat sedang mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan modernisasi dan digitalisasi sistem keuangan daerah, khususnya terkait administrasi perpajakan.

APBN Agustus 2024 Defisit Lagi, Sri Mulyani Klaim Masih On Track

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir Agustus 2024 kembali mencatatkan defisit sebesar Rp 153,7 triliun.

Sri Mulyani Akui Pemerintah Bisa Bikin RI Terancam Middle Income Trap

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti ancaman middle income trap atau jebakan kelas menengah yang tengah dihadapi Indonesia.

Jokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pembangunan smelter atau pabrik pengolahan hasil tambang oleh PT AMMAN Mineral Internasional Tbk yang ada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).