Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tiongkok Tantang Amerika Utus Kapal Perang ke Meksiko

HOLOPIS.COM – Pemerintah Tiongkok menuduh Amerika Serikat telah memperburuk perselisah dengan mengirim kapal perang jenis perusak USS John McCain melewati selat Taiwan.
Mereka juga mengancam akan mengirimkan kapal perang berlayah hingga ke Teluk Meksiko juga Amerika akan tetap menunjukakan kekuatan militernya.
Dalam jumpa pers di ibukota Tiongkok, Beijing (8/4), Menteri Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Likian mengatakan, sikap Amerika dalam mengirim kapal perang melewati Selat Tiwan merupakan bentuk provokasi.
“Hal itu memberikan sinyal yang keliru pada Taiwan, dan bisa mengancam perdamaian sekaligus stabilitas Selat Taiwan Apa kapal perang Tiongkok harus berlayar sampai ke Teluk Meksiko untuk menunjukkan kekuatan” kata Zhao.
Angkatan Laut AS menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa kapal perang USS John McCain hanya melakukan pelayaran rutin melewati Selat Taiwan. Mereka justru menyoroti sikap China yang mengirim jet tempur dan kapal perang mendekati wilayah Taiwan dianggap sebagai bentuk intimidasi.
Pemerintah AS mengatakan akan tetap mendukung Taiwan dari ancaman Tiongkok.
Namun, Tiongkok meyakini Amerika tengah bersekongkol dengan kelompok pro-kemerdekaan Taiwan dan mandiri dari Tiongkok. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru