CIANJUR, HOLOPIS.COMPihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat (Jabar) pun berikan imbauan agar masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintas di jalur rawan bencana termasuk Jalur Puncak-Cianjur.

Imbauan tersebut diberikan, karena perdiksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah sebagian besar wilayah Jabar akan dilanda hujan lebat dengan intensitas tinggi hingga pertengahan bulan Maret 2022.

Pengguna jalan perlu mewaspadai, kemungkinan pohon tumbang karena curah hujan yang tinggi sejak dua hari terakhir. Selain itu, semua wilayah cianjur berpotensi longsor dan banjir termasuk pohon tumbang karena banyak pohon tua berukuran besar terdapat di kiri kanan jalan terutama di jalur Puncak.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati dan waspada saat melintas, terutama saat hujan turun deras disertai angin kencang yang kerap terjadi setiap hari menjelang sore hingga malam. Jalur Puncak-Cianjur rawan terjadi longsor dan pohon tumbang,” kata Rudi Wibowo, Sekretaris BPBD Cianjur (5/3).

Rudi juga ungkapkan, Relawan Tangguh Bencana (Retana) di masing-masing kecamatan dan desa sudah disiagakan guna memantau dan segera mengevakuasi warga ketika melihat tanda alam akan terjadinya bencana.

“Kami minta mereka untuk melaporkan setiap potensi bencana di masing-masing wilayah,” kata Rudi.

Dalam kesempatan yang sama, KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudistira juga meminta agar pengguna jalan untuk ekstra hati-hati dan waspada saat melintas jalur Puncak-Cianjur. Karena area tersebut, masuk dalam wilayah rawan bencana yang kerap terjadi longsor dan pohon tumbang terutama Jalan Raya Cugenang hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur.

“Untuk hari ini, curah hujan cukup tinggi sejak pagi hingga Sabtu petang, membuat landasan jalan licin dan rawan terjadi bencana, sehingga kami imbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati saat melintas terutama di jalur rawan terjadi pohon tumbang mulai dari Cugenang hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur,” katanya.