JAKARTA, HOLOPIS.COM Penyanyi Ed Sheeran muncul di Pengadilan Tinggi untuk membela dirinya atas pertempuran hak cipta lagu ‘Shape Of You’ yang telah berlangsung selama tiga minggu.

Ed Sheeran berselisih dengan dua musisi, Sami Chokri dan Ross O’Donoghue yang mengklaim bahwa lagu tersebut telah mencuri sebagian dari lagu mereka berjudul ‘Oh Why’ yang dirilis pada bulan Maret 2015.

“Tuan Sheeran memang sangat berbakat. Ia seorang genius. Tetapi ia banyak bicara. Ia meminjam ide dan dimasukkan ke dalam lagu-lagu. Kadang ia akui, kadang tidak,” kata Andrew Sutcliffe QC yang mewakili Sami Chokri Ross O’Donoghue. Kedua lagu tersebut diklaim memiliki lirik dan juga melodi yang mirip.

Sebelumnya pada 2018, Sheeran telah mencoba untuk menghentikan pertikaian, dan meminta Pengadilan Tinggi untuk menyatakan bahwa dia dan rekan penulis lagu tidak melanggar hak cipta Chokri dan O’Donoghue.

Namun, dua bulan kemudian pada Juli 2018, Chokri dan O’Donoghue mengeluarkan klaim mereka sendiri untuk pelanggaran hak cipta, kerusakan dan perhitungan keuntungan sehubungan dengan dugaan pelanggaran.

Lagu ‘Shape Of You’ yang dirilis pada tahun 2017, dan menjadi lagu terpopuler di Spotify.