Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pertempuran Rusia-Ukraina di Dekat PLTN, Kebakaran Hebat Terjadi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Telah terjadi pertempuran antara Rusia dan Ukraina di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia hingga menyebabkan kebarakan.

Namun, menurut pihak berwenang Ukraina, keselamatan pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut telah diamankan.

“Direktur pembangkit mengatakan, keselamatan nuklir sekarang sudah terjamin. Menurut mereka yang bertanggung jawab atas pembangkit itu, sebuah gedung pelatihan dan laboratorium terkena dampak kebakaran,” kata Oleksandr Starukh, kepala administrasi militer wilayah Zaporizhzhia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menuduh Moskow sengaja membuat teror nuklir, dan ingin mengulang bencana Chernobyl.

“Tidak ada negara selain Rusia yang menyerang sumber kekuatan nuklir. Ini adalah pertama dalam sejarah.” Kata Zelenskyy. Ia menambahkan, jika terjadi ledakan di sana, itu akan menjadi akhir dunia dan Eropa.

Sementrara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan bahwa jika ledakan terjadi, kehancuran akan lebih parah 10 kali lipat dibandingkan Chernobyl.

PLTN Zaporizhzhia adalah pembangkit listrik nuklir terbesar di Ukraina dan Eropa. PLTN ini menyuplai satu dari lima generator listrik yang ada di Ukraina. Pembangkit ini sendiri memiliki enam unit. Unit pertamanya dihubungkan ke jaringan listrik pada 1984, sementara itu, unit keenamnya dihubungkan pada tahun 1995.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru