JAKARTA, HOLOPIS.COM Pasukan Rusia masih terus menyerang wilayah – wilayah Ukraina seperti ibukota Kiev, Kharkiv, Mariupol hingga saat ini sudah bergerak menuju Kherson.

Walikota Kherson, Igor Kolykhayev mengatakan bahwa pasukan Rusia telah berhasil menguasai stasiun kereta api dan pelabuhan mereka hanya dalam waktu satu malam.

“Bangunan warga dan fasilitas umum terbakar, kami bukan militer! Namun, saya akan pertahankan kota selama saya mampu,” kata Kolykhayev.

Ia meminta pasukan Rusia untuk meninggalkan kotanya serta hentikan penembakan kepada warga sipil.

Walikota Kherson, Igor Kolykhayev
Walikota Kherson, Igor Kolykhayev

Melansir CNN International, Rabu (2/3), Pasukan Rusia saat ini dengan bebas menelusuri kota Kherson dengan kendaraan militer mereka.

Sementara itu, Walikota Mariupol menyatakan akan tetap membela tanah kelahirannya dari serangan Rusia yang tak pandang bulu.

“Kami bertarung, dan tidak menyerah untuk membela tanah kelahiran kami.” Kata Walikota Mariupol, Vadym Boichenko, dilansir dari AFP, Rabu (2/3).

Rusia Ukraina
Kerusakan wilayah Urkaina akibat rudal Rusia (Foto: Getty Images)

Dalam pernyataannya, Boichenko juga mengatakan lebih dari 100 orang luka-luka karena pertarungan di Pelabuhan Mariopol.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan bahwa ia akan tetap bertahan di Kiev dan berjuang mempertahankan kedaulatan negaranya.