JAKARTA, HOLOPIS.COM Puluhan pria Jepang telah menerima seruan Ukraina meminta sukarelawan asing untuk ikut melawan invasi Rusia.

“Kandidat manapun harus memiliki pengalaman di Pasukan Bela Diri Jepang atau sudah melewati pelatihan khusus,” demikian pernyataan resmi dari Kedutaan Ukraina.

Melansir CNA, Rabu (2/3), Kedutaan Ukraina di Jepang mengatakan bahwa mereka mencari sukarelawan di bidang medis, IT, komunikasi, atau pengalaman pemadam kebakaran.

Jepang juga meminta warga negaranya untuk menunda segala rencana ke Ukraina akibat peperangan yang saat ini masih berlangsung.

“Kementerian luar negeri Jepang telah mengeluarkan peringatan evakuasi Ukraina dan kami ingin orang-orang menghentikan semua perjalanan ke Ukraina, terlepas dari tujuan kunjungan mereka.” Kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr telah menyerukan pembentukan ‘pasukan internasional’, dan mendorong puluhan orang dari Amerika Serikat serta Kanada untuk menjadi sukarelawan di Ukraina.