JAKARTA, HOLOPIS.COM PT Jasamarga Bali Tol (JBT) akan menutup sementara operasional jalan tol Bali Mandara selama perayaan Hari Raya Suci Nyepi jatuh pada Kamis (3/3) besok.

“Dengan ini diberitahukan kepada masyarakat luas, khususnya pengguna jalan tol bahwa dalam rangka perayaan Hari Raya Suci Nyepi, serta dalam rangka turut melestarikan nilai budaya dan kearifan lokal, maka operasional Jalan Tol Bali Mandara akan ditutup sementara,” ujar Direktur Utama JBT, I Ketut Adiputra Karang dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu (2/3).

Ia mengatakan, jalan tol yang menghubungkan antara Kota Denpasar dan Nusa Dua itu akan ditutup selama 32 jam, yang dimulai pada Rabu (2/3) pukul 23.00 wita hingga Jumat (4/3) mulai pukul 07.00 wita setelah Hari Raya Nyepi.

Penutupan jalan tol sepanjang 12,7 kilometer itu, kata dia, sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 003.1/12593/PK/BKD, tanggal 4 November 2021, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama, dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2022.

Sekadar informasi, selama Hari Raya Nyepi, umat Hindu akan menjalani Catur Brata penyepian yang dengan empat pantangan. Yakni Amati Karya (tidak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).

”Jadi memang kami memberitahukan kepada masyarakat luas, khususnya pengguna jalan tol, dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi di Pulau Dewata serta dalam rangka turut melestarikan nilai budaya dan kearifan lokal, operasional Jalan Tol Bali Mandara kami tutup sementara secara keseluruhan,” terang I Ketut Adiputra Karang.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas pastisipasi seluruh masyarakat dalam mendukung pengoperasian jalan tol Bali Mandara.

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami atas nama seluruh jajaran komisaris, direksi, dan karyawan PT Jasamarga Bali Tol mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Caka 1944. Semoga kedamaian dan kesejahteraan selalu menyertai kita semua,” terang dia.