JAKARTA, HOLOPIS.COM Belarus bergabung dengan Rusia di Ukraina, dengan pasukannya memasuki wilayah Chernihiv. Kabar tersebut pun telah dikonfirmasi oleh pejabat Ukraina.

“Pasukan Belarus telah memasuki wilayah Chernihiv. Informasi tersebut telah dikonfirmasi ke publik oleh juru bicara Pasukan Pertahanan Teritorial Utara, Vitaliy Kyrylov.” Demikian diumumkan melalui Twitter.

Melansir Politico, sebanyak 33 unit dari Belarus telah memasuki wilayah utara Kota Kiev dan terputusnya komunikasi seluler.

Kabar mengenai Belarus akan mengirimkan pasukan untuk membela Rusia sebenarnya telah tersiar, namun belum diketahui kapan dan juga jumlah personel yang akan dikirimkan.

Tak hanya Belarus, Rusia juga dibantu oleh kelompok Chechnya. Pasukan Chechen di bawah pimpinan Kadyrov juga telah lama merupakan sekutu Rusia dan sering membantu Moskow melakukan operasi militer.

Vladimir Putin tetap memutuskan untuk menginvasi Ukraina sejak Kamis (24/2) lalu, sebuah keputusan yang dikecam oleh Barat dan sekutu.

Belum ada tanda-tanda penarikan pasukan Rusia, negara-negara Barat memutuskan untuk memberikan sanksi yang semakin berat dan menyerang kekayaan pribadi Presiden Putin.