JAKARTA, HOLOPIS.COM – BWF menyatakan atlet badminton Rusia dan Belarusia dilarang bertanding akibat invasi Rusia ke Ukraina. Dalam rilis terbarunya, Selasa (1/3), BWF menyatakan telah meningkatkan hukuman kepada Rusia dan Belarusia.

“Menyusul hasil konsultasi dengan mitra olahraga internasional semalam, BWF telah memperbarui posisinya mengenai invasi militer Rusia ke Ukraina,” tulis BWF.

BWF menyatakan menangguhkan atlet dan ofisial untuk mewakili negara-negara tersebut untuk berpartisipasi di turnamen internasional di bawah BWF.

“BWF telah memperkuat sikapnya terhadap pemerintah Rusia dan Belarusia dengan menangguhkan atlet dan ofisial untuk mewakili negara-negara tersebut untuk berpartisipasi di turnamen internasional di bawah BWF hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis BWF.

Menurut BWF, hal ini sejalan dengan rekomendasi baru dari Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang dirilis Senin (28/2) yang bertujuan untuk menjaga integritas kompetisi dan memastikan keselamatan semua atlet.

“Itu juga mendukung pendekatan terpadu dan terkoordinasi dalam menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan Belarusia,” tulis BWF.

Sanksi larangan bertanding bagi atlet badminton Rusia dan Belarusia ini efektif dimulai dari German Open 2022 yang akan berlangsung pada 6-13 Maret.