JAKARTA, HOLOPIS.COM – Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina nampaknya telah mengalihkan perhatian dunia, hingga seolah-olah lupa dengan hal yang terjadi di Laut China Selatan (LCS) saat ini.

Sejatinya kini China dikabarkan tengah melakukan latihan di LCS seiring dengan ketegangan yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Dilansir dari Anadolu Agency, China telah meluncurkan latihan militer di LCS selama tiga hari dan akan berakhir tepat di hari ini Selasa, (1/3).

Latihan militer tersebut kabarnya dimulai sehari setelah kapal perang Amerika Serikat berlayar melalui Selat Taiwan.

Hal itu pun telah dikecam oleh China dan menganggap bahwa tindakan Amerika Serikat merupakan tindakan munafik, sia-sia dan provokatif.

Kemudian, aktivitas militer China di tengah-tengah invasi Rusia ke Ukraina tersebut pada dasarnya telah dibenarkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim China yang mengatakan bahwa latihan itu diadakan dalam radius enam mil laut di LCS.

Seiring dengan memanasnya antara Rusia dan Ukraina, para pengamat dunia juga kini tengah mengamati dengan cermat mengenai langkah China terkait Taiwan.

Seperti yang telah diketahui bersama, China sendiri juga sebenarnya sedang berkonflik dengan negara tetangganya itu hingga saat ini.