JAKARTA, HOLOPIS.COM Dewan Komite Olimpiade Internasional merekomendasikan federasi olahraga untuk melarang atlet sekaligus ofisial Rusia dan Belarusia dari ikut berpartisipasi dalam berbagai acara akibat Invasi Rusia ke Ukraina.

“Untuk melindungi integritas kompetisi olahraga global dan keselamatan, (IOC) bertindak dengan hati yang berat,” demikian dikatakan Dewan Eksekutif IOC.

Komite Olimpiade Rusia pun mengungkapkan ketidaksetujuan mereka dan mengatakan bahwa keputusan tersebut bertentangan dengan dokumen IOC dan Piagam (Olimpiade).

“Sebagai langkah pertama, kami menganggap perlu untuk mengirim permintaan ke federasi internasional untuk tanggapan resmi tentang status atlet Rusia dan hak mereka dalam berpartisipasi di kompetisi internasional,” demikian kata ROC dalam sebuah pernyataan.

ROC mengatakan bahwa IOC harus memperhatikan hak-hak dan kepentingan atlet – atlet Rusia serta menyediakan dukungan untuk melarang keputusan-keputusan yang diskriminatif.

Keputusan IOC tersebut muncul sesaat sebelum Paralimpiade Musim Dingin Beijing.
Komite Paralimpiade Internasional (IPC) sendiri rencananya akan bertemu untuk membahas pemboikotan Rusia menjelang Olimpiade.