Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizRizal Ramli Nilai Pemerintah Tak Becus Tangani Masalah Pangan

Rizal Ramli Nilai Pemerintah Tak Becus Tangani Masalah Pangan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Ekonom Senior Rizal Ramli menyoroti perihal masalah kelangkaan dan lonjakan harga komoditas pangan, seperti minyak goreng, kedelai, daging, dan sebagainya.

Menurutnya, berbagai masalah tersebut merupakan ujian bagi pemerintah terhadap keberpihakannya kepada rakyat. Ia pun mempertanyakan kesiapan pemerintah jika ke depannya dihadapkan pada masalah yang lebih besar dibanding urusan pangan tersebut.

“Kalau urusan pangan rakyat saja sulit diatasi, bagaimana pemerintah berjuang bagi rakyat dalam urusan yang besar?” kata Rizal Ramli, (27/2).

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) itu mengatakan bahwa kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng tak semestinya terjadi di negara yang kaya akan sawit.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perkebunan sawit yang begitu luas. Kok bisa sih minyak goreng langka dan kalau-pun ada harganya mahal,” ujar Rizal Ramli.

Tak hanya masalah minyak goreng, ia juga menilai dampak lonjakan harga komoditas pangan lainnya, seperti kedelai dan daging sangat dirasakan masyarakat.

“Belakangan masyarakat juga sempat dibuat gelisah dengan kelangkaan kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe. Lalu, masalah harga daging yang mahal,” ujarnya.

Sebenarnya, di awal pandemi Covid-19, Rizal Ramli sudah mengingatkan pemerintah untuk fokus menggenjot sektor pertanian dengan memberikan subsidi pupuk dan bibit bagi para petani.

Sebab menurutnya, sektor pertanian akan berdampak langsung terhadap pandemi Covid-19 dan manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut mengatakan, jika pemerintah saat itu mendengarkan saran darinya, maka masalah kelangkaan dan lonjakan harga pangan tersebut tak akan terjadi.

“Bila saran kita dilakukan dengan serius, maka tak ada lagi masalah kelangkaan dan mahalnya harga komoditas. Keberpihakan penguasa sebagaimana para pejuang kita terdahulu membela rakyat dan tanah air juga tetap terjaga,” tandas Rizal Ramli.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pembangunan smelter atau pabrik pengolahan hasil tambang oleh PT AMMAN Mineral Internasional Tbk yang ada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Awal Pekan, Harga Emas Antam Masih Stagnan di Level Rp 1.455.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

Menteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.