Tak Hanya Minyak, Harga Komoditas Pangan Ikut Melonjak Imbas Konflik Rusia-Ukraina

JAKARTA, HOLOPIS.COMInvasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina berimbas ke berbagai sektor, termasuk harga komoditas pangan di pasar global.

Sebelumnya, harga energi dan minyak dunia mengalami kenaikan selama beberapa waktu terakhir. Bahkan pada pekan lalu, harga minyak dunia sempat melanpaui harga tertinggi, yakni di atas USD100 per barel.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan bahwa konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina juga diprediksi akan berimbas pada komoditas pangan dan produk untuk pertanian.

Hal ini lantaran Rusia merupakan salah satu negara penghasil gandum dan pupuk. Pada saat ini, kedua produk tersebut mulai menunjukkan kenaikan harga.

“Harapan bahwa harga pangan stabil karena pasokan meningkat tampaknya tidak terjadi. Harga pangan akan naik sampai eskalasi konflik berakhir,” ujar Bhima, dikutip Senin (28/2).

Tak hanya dari sisi harga, operasi militer Rusia terhadap Ukraina juga diprediksi menghambat rantai pasok komoditas.

Bhima melihat adanya kemungkinan pengiriman barang impor dari Rusia lebih dulu melalui negara lain akibat adanya sanksi embargo ekonomi.

“Ini membuat Indonesia kalau membeli barang-barang impor akan diputar ke negara lainnya. Misalnya dari rusia ke Cina, baru ke Indonesia,” tutup Bhima.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

IHSG Lagi-lagi Ditutup Cerah, Menguat 70,54 Poin Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melanjutkan penguatan pada penutupan perdagangan hari ini, Jumat (17/5). Hal ini membuat IHSG menguat selama tiga hari berturut-turut.

Usai Melesat, KIni Harga Emas Antam Anjlok Lagi Jadi Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam mengalami penurunan yang terbilang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Jumat (17/5).

Jeda Makan Siang, IHSG Melesat 1,12 Persen

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melonjak 1,12 persen ke 7.328 pada penutupan sesi I, atau saat jeda makan siang perdagangan hari ini, Jumat (17/5).

Harga Emas Pegadaian Kompak Melesat, Saatnya Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), baik itu emas jenis Antam maupun UBS kompak melesat pada perdagangan hari ini, Jumat (17/5).

IHSG Hari Ini Bakal Lanjutkan Penguatan, Cek Rekomendasi Sahamnya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal melanjutkan penguatan pada perdagangan terakhir pekan ini, Jumat (17/5).
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...