JAKARTA, HOLOPIS.COM peningkatan intensitas sirkulasi udara menjadi satu sistem bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Timor sebelah utara Australia, terus dipantau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC).

Selain memantau bibit Siklon Tropis 99S, BMKG juga melakukan pantauan bibit siklon tropis 90S terbentuk di perairan Samudra Hindia barat daya Sumatera tepatnya di 13.0 derajat Lintang Selatan (LS) 95.9 derajat Bujur Timur (BT).

“Potensi sistem 99S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam periode 24-48 jam ke depan masih berada dalam kategori menengah dengan potensi peningkatan sirkulasi yang semakin terorganisir untuk periode 72 jam ke depan,” kata Guswanto, Deputi bidang Meteorologi BMKG, dalam keterangannya, Jumat (25/2).

Dari hasil pantauannya, sistem bibit siklon 99S berada di 12.6 derajat LS, 128.3 derajat BT dimana area tersebut sudah masuk di wilayah tanggung jawab TCWC Australia.

Sistem Bibit Siklon 99S memiliki tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 1001mb dan kecepatan angin maksimum di sekitar pusatnya mencapai 25 knots (46 km/jam). Kriteria Bibit Siklon dapat dikatakan meningkat menjadi Siklon Tropis apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam).