JAKARTA, HOLOPIS.COM Kabar mengenai Rusia yang telah resmi menginvasi Ukraina telah mencengangkan dunia dan mendominasi pemberitaan global saat ini.

Tentu saja, meskipun telah terjadi perang terparah di Eropa sejak Perang Dunia II, masih banyak kabar-kabar global yang juga penting anda ketahui, mulai dari Papua Nugini hingga Kanada.

Gempa Bumi di Papua Nugini

Terjadi gempa bumi berkekuatan 5.2 magnitudo di wilayah Kokopo, Papua Nugini pada hari ini, Kamis (24/2).

Meski demikian, belum dilaporkan korban jiwa dan kerusakan yang terjadi akibat bencana itu.

Papua Nugini terletak di wilayah yang memang sering mengalami gempa dengan julukan ‘Ring of Fire’ yang dipenuhi dengan aktivitas gunung merapi.

Tanzania Meluncurkan Program Deradikalisasi Menangkal Terorisme

Tanzania dan Mozambik saat ini mengorganisir program deradikalisasi menggunakan pendidikan dan juga cara lainnya.

Pihak berwenang di kedua negara mengatakan kelompok bersenjata seperti ISIL (ISIS), yang bertanggung jawab atas pembunuhan ratusan orang dan menggusur ribuan lainnya, menggunakan agama dan kerentanan kaum muda untuk meradikalisasi mereka.

“Kami bekerja bersama dengan teman-teman di Mozambil untuk meyakinkan generasi muda agar menolak kejahatan,” kata Nicodemus Katembo, Kepala Kepolisian wilayah Mtwara di Tanzania.

Israel Tolak Tuduhan Palestina Soal Apartheid

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengenakan topeng bertuliskan ‘Akhiri Apartheid’, menuduh Israel terlibat dalam apartheid.

Sebagai tanggapan, Duta Besar Israel Gilad Erdan menuduh klaim dari Otoritas Palestina telah mempromosikan kebencian, hasutan, kekerasan dan teror.

Dia juga mengklaim Komisi Penyelidikan Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Amnesty International dan kelompok hak asasi lainnya telah meluncurkan ‘perang jihad’ dan melawan satu-satunya demokrasi yang hidup di Timur Tengah.

Advokat Hak Asasi Mendesak Sanksi Terhadap Myanmar

Beberapa advokat hak asasi manusia mendesak agar Myanmar menerima sanksi berat, setelah mereka melakukan serangan udara.

Banyak ahli yang mengatakan saat ini negara tersebut sedang melewati perang saudara akibat serangan udara yang telah menewaskan 1,560 warga.

Meskipun saat ini Myanmar masih memproduksi minyak dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Asia, mereka tidak memiliki kilang modern skala besar dan mengimpor semua bahan bakarnya.

PM Kanada Angkat Perintah Darurat Untuk Mengakhiri Demo Supir Truk

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah mengangkat pemerintah yang diberikan sebelumnya untuk mengakhiri demo anti pemerintah yang telah membuat pergerakan ibu kota lumpuh.

“Hari ini, setelah berbagai pertimbangan, kami telah siap mengatakan bahwa kondisi saat ini sudah bukan lagi darurat,” kata Trudeau.

Sebelumnya, kumpulan supir Truk Kanada dan para pendukung mereka melakukan protes anti wajib vaksinasi yang menghambat mereka untuk melakukan perjalanan antar Kanada.