JAKARTA, HOLOPIS.COM– Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah mengaku lebih suka jika siswa India mengenakan seragam sekolah dibandingkan dengan pakaian keagamaan.

“Ini adalah pendapat pribadi saya, masyarakat dari agama apapun harus menerima seragam sekolah.” kata Shah, dilansir dari Reuters (21/2).

Pendapat mendagri tersebut terkait dengan isu yang belakangan ini terjadi di India terkait pengenaan hijab di lingkungan sekolah.

Larangan menggunakan hijab di lingkungan sekolah dilakukan oleh negara bagian Karnataka, dan mengundang kecaman dari siswa dan orang tua muslim.

Hijab India
Larangan Penggunaan Jilbab Jadi Pemicu Konflik Agama di India, Pejabat AS: Itu Melanggar Kebebasan Beragama (Foto: Reuters)

Wilayah Karnataka dikuasai oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan nasionalis Hindu Parta Bharatiya Janata.

Sementara itu, Advokat Jenderal Karnataka, Prabhuling Navadgi, mengatakan kepada Pengadilan Tinggi, bahwa mereka yang menentang keputusan tersebut tidak dapat membuktikan bahwa mengenakan jilbab adalah praktik keagamaan yang penting.

Para pengunjuk rasa, termasuk pada siswa muslim mengatakan kepada pengadilan bahwa penggunaan jilbab adalah hak yang dilindungi oleh konstitusi India dan penting dalam menjalankan agama mereka.

Proses pengadilan terkait isu ini masih terus berlanjut.