Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenparekraf Siapkan Potensi Pariwisata di IKN

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), akan menyiapkan potensi pariwisata di ibu kota negara (IKN). Hal tersebut disampaikan langsung, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing (21/2).

“Jadi akan ada perancangan dan skema penganggaran menyiapkan potensi wisata di IKN berdasarkan ecotourism (eko wisata) dan ini kita lakukan usai undang-undang IKN disahkan,” ucapnya.

Ini menjadi sebuah komitmen pemerintah, dalam rangka menumbuhkan sektor pariwisata. Oleh karena itu, kerja sama antar pemangku kepentingan sangatlah diperlukan.

Sandiaga mengungkapkan, Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN punya daya tarik tersendiri khususnya wisata budaya, alam, maupun buatan manusia berbasis alam maupun budaya.

“Sekarang prosesnya karena undang-undang IKN baru disahkan, kami menindaklanjuti dari potensi pariwisata di IKN,” kata dia.

IKN sebagai green capital (ibu kota hijau), menjadi peluang dalam pembangunan berkelanjutan dengan peran pariwisata yang berkualitas.

“Saya yakin, karena teknologi juga akan memainkan sangat penting, ini (pengembangan parekraf di IKN) menjadi satu peluang bagi para pelaku usaha, khususnya para pengusaha-pengusaha pemula untuk melihat potensi-potensi yang ada di IKN,” ungkap Menparekraf.

Blueprint sebagai kerangka awal pengembangan parekraf di IKN, diharapkan bisa selesai dua atau tiga bulan kedepan. Nantinya, akan dilanjutkan dengan sebuah masterplan pasca pembuatan blueprint.

“Kalau kita lihat Kalimantan Timur ini, kan yang perlu kita jaga adalah kelestarian lingkungannya. Harapannya, pariwisata ini apalagi yang berbasis ecotourism dengan konsep culture and nature akan memantapkan posisi kita untuk memberikan prioritas bagi kelestarian lingkungan,” ujar Sandiaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru