JAKARTA, HOLOPIS.COM  Kolaborasi antara Suzuki dan Toyota, akan melahirkan sebuah sport utility vehicle (SUV) listrik di India. Rencananya, pengembangan model masing – masing perusahaan akan disiapkan untuk pasar domestik maupun Internasional. Dengan kata lain, secara desain akan mencerminkan masing – masing pabrikan.

Dari bocoran yang beredar, kode produksi mobil listrik Suzuki yakni YY8. Desiannya, diungkapkan berkonsep futuristik yang akan terlihat berbeda dengan tampilan mobil berbahan bakar.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Toyota dan Suzuki, sebenarnya sudah dipak4 sejak tahun 2017 silam. Tujuannya, mengembangkan bersama kendaraan listrik untuk pasar India.

Kesepakatan bersama ini, Suzuki akan memproduksi EV untuk pasar India dan akan memasok sebagian ke Toyota. Sementara Toyota diharapkan memberikan dukungan teknis untuk model listrik.

Kendaraan baru akan benar-benar dikembangkan dari awal. Jadi bukan sebuah kendaraan dengan mesin pembakaran yang dipasangkan powertrain listrik. Menurut laporan, YY8 akan menjadi kendaraan dengan panjang 4,2 meter.

Laporan juga menyebutkan bahwa mobil itu mungkin memiliki jarak sumbu roda 2.700mm. Dengan jarak sumbu roda panjang, perusahaan dapat dengan mudah merubah ukuran baterai sebagai sumber tenaga.