JAKARTA, HOLOPIS.COM Lembaga Pengelola Dana Pendidikan bakal membuka kembali pendaftaran beasiswa untuk tahun 2022. Pembukaan pendaftaran beasiswa gelombang 1 akan dimulai pada tanggal 25 Februari 2022 mendatang.

“Mulai 25 Februari 2022, LPDPrens sudah bisa melakukan registrasi beasiswa LPDP 2022 melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id,” seperti dikutip dari cuitan LPDP melalui akun Twitter resminya, @LPDP_RI, Sabtu (19/2).

Adapun untuk ketentuan detailnya akan disertakan pada laman resmi LPDP (https://lpdp.kemenkeu.go.id/), saat pendaftaran dibuka nanti.

Dalam video yang disematkan dalam cuitan tersebut, peserta yang melakukan registrasi pendaftaran pada gelombang keempat tahun 2021 berjumlah 63.060 peserta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15.466 di antaranya lolos tahap registrasi dengan melakukan submit pendaftaran. Namun setelah melalui tahap tes dan registrasi, jumlah yang dinyatakan lolos dan diterima sebagai awardee LPDP 2021 berjumlah 4.266 peserta.

Di tahun ini, akan ada 3 jenis beasiswa yang bisa peserta daftarkan, yakni beasiswa afirmasi, targeted, dan umum.

Adapun beasiswa afirmasi akan ditujukan untuk peserta dengan kebutuhan khusus atau difabel, peserta pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta bidik misi saat menempuh program sarjana strata-1 (S1), peserta di daerah afirmasi.

Adapun daerah afirmasi adalah wilayah yang masuk dalam kategori daerah terdepan, terpencil, tertinggal (3T).

Sedangkan, beasiswa khusus (targeted) ditujukan khusus untuk PNS, TNI, dan Polri. Peserta LPDP dari instansi pemerintahan tersebut harus memiliki surat persetujuan dari pimpinan lembaganya untuk mengikuti pendidikan jika diterima kelak.

Selain itu, program beasiswa targeted juga ditujukan kepada para pelaku usaha atau wirausahawan untuk meneruskan kuliah program magister ke luar negeri.

Terakhir yakni beasiswa LDPD reguler. Program beasiswa reguler ini ditujukan kepada siapa saja yang ingin meneruskan pendidikan sarjana, magister, atau doktoral. Maka tak heran jika program beasiswa reguler ini banyak peminatnya.

Adapun tahapan yang harus dilalui, baik bagi peserta afirmasi, targeted, maupun reguler adalah sebagai berikut:

1. Peserta akan memalui tahapan seleksi administrasi
2. Setelah lolos secara administrasi, peserta akan melalui tahapan seleksi substansi akademik (tes skolastik)
3. Kemudian peserta juga harus melewati seleksi wawasan kebangsaaan
4. Terakhir, setelah semua seleksi dilewati, peserta akan melakukan interview.

Perlu dicatat, bagi peserta yang memilih mendaftar di PTUD dengan LPDP, akan melewati seleksi substansi akademik dan langsung dihadapkan dengan seleksi wawasan kebangsaan.