JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Menteri Pembangunan Perempuan, Keluarga dan Masyarakat Malaysia Siti Zailah Mohd Yusoff dalam videonya, menganjurkan suami memukul istri “dengan lembut” jika istri tidak nurut.

Video tersebut sontak memicu kemarahan para perempuan yang menduduki kursi parlemen, sementara pegiat hak perempuan menentang keras saran itu. Beberapa di antara mereka juga mendesak agar Siti Zailah mundur dari jabatannya.

Video berdurasi dua menit itu merupakan episode terbaru dari seri “Tip Ibu” yang disebarkan ke sejumlah platform media sosial. Menurutnya, suami dapat menegur sang istri apabila berperilaku tidak semestinya. Jika mereka masih tetap keras kepala, suami bisa tidur terpisah selama tiga hari agar istri merenungkan kesalahannya.

“Namun, jika istri masih saja tak mendengarkan nasihat suami atau mengubah sikap, maka suami dapat memberi sentuhan fisik yang lembut tapi tegas guna menunjukkan ketegasan dan keinginannya istri berubah,” terang Siti Zailah.

Dia lalu berpesan kepada para istri: “Berbicaralah dengan suami setelah mereka menenangkan diri, makan, beribadah dan saat santai… Minta izin dulu sebelum mengajak suami ngobrol.”

Wakil menteri menutup pembicaraan dengan memanjatkan doa agar keluarga penonton selalu dilimpahkan keberkahan. Sejauh ini, videonya telah ditonton lebih dari 21.000 kali di Instagram dan 16.000 kali di Facebook.

Komentar yang diterima pun beragam. Beberapa berpendapat sarannya sesuai ajaran Islam, sedangkan yang lain mengemukakan memukul orang bukan tindakan yang dapat dibenarkan.

Koalisi pembela hak perempuan menyebut saran ini akan “mewajarkan kekerasan dalam rumah tangga” dan “melanggengkan gagasan dan perilaku yang bertentangan dengan kesetaraan gender”. Mereka tak tanggung-tanggung mendesak Siti Zailah melepas jabatannya sebagai wakil menteri.