MANDALIKA, HOLOPIS.COM Dalam sesi tes pramusim MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika, rata-rata top speed para pembalap saat memacu motornya dilintasan sekitar 300 kilometer per jam.

Catatan rata-rata top speed itu, membuat sirkuit Mandalika masuk dalam kualifikasi olahraga balap dunia.

Pembalap yang mencatat waktu tercepat, yakni Johann Zarco dari tim Pramac Racing dengan catatan top speed 314,8 km/jam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km.

“Setelah dilakukan pembersihan, pada siang harinya tes dilanjutkan. Pada akhir hari pertama, hari Jumat, top speed yang dicapai oleh Johann Zarco sudah mencapai 314,8 km/ jam yang artinya bahwa pebalap sudah melakukan adjustment, kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pebalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas atau 1 menit 33 detik per lap,” ujar Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), (17/2).

“Kemudian, hari kedua dan ketiga juga dimulai tepat waktu tanpa ada penundaan. Pebalap juga semakin meningkatkan performanya. “Jadi top speed hari pertama sampai ketiga semuanya mencapai 314 km/jam,” sambung Abdulbar.