KALIMANTAN TIMUR, HOLOPIS.COM Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah sebuah bentuk kebutuhan bagi Indonesia untuk menuju kepada era kemajuan.

Hal ini disampaikan oleh Puan saat meninjau langsung titik nol Ibu Kota Negara yang diberi nama Nusantara itu.

“Kita semua perlu mengingatkan, bahwa lokasi ibu kota yang baru adalah sebuah kebutuhan dalam menyambut era baru kemajuan Indonesia,” kata Puan, (16/2).

Perjalanan menuju titik nol IKN di Kalimantan Timur itu, Puan tidak sendirian. Ia ditemani oleh beberapa pejabat negara seperti halnya ; Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara yang menggantikan Menkeu Sri Mulyani.

Di titik nol IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu, sudah dibangun monumen kecil. Karena di kawasan itu, akan dibangun gedung-gedung pusat pemerintahan, termasuk gedung DPR RI yang rencananya pembangunannya akan dimulai pada semester kedua tahun ini.

Puan pun berharap agar program pemerintah tersebut bisa didukung seluruh komponen masyarakat.

“Tentu ini satu kesempatan bagi kita untuk sama-sama bergotong royong bahwa ibu kota akan dibangun sesuai semangat awal yaitu modern, green, smart city, dan berkelanjutan. Ini pembangunan yang memerlukan jangka panjang bertahap. Kenapa smart dan green? Karena itu kebutuhan kita ke depan. Kota modern, hijau dan memperhatikan lingkungan,” pungkasnya.