Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizAirlangga Pede Ekonomi RI Tumbuh 5,2 Persen di Tahun 2022

Airlangga Pede Ekonomi RI Tumbuh 5,2 Persen di Tahun 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meyakini ekonomi Indonesia dapat tumbuh di level 5,2 persen pada tahun 2022 ini.

Airlangga mengatakan, berbagai indikator dini ekonomi pada awal 2022 sudah menunjukkan perbaikan jika dibanding dengan tahun sebelumnya di periode yang sama. Menurutnya, hal tersebut membawa angin segar bagi prospeknpemulihan ekonomi Indonesia di tahun ini.

Adapun beberapa indikator dini ekonomi yang diantaranya yakni, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur. Tercatat pada periode Januari 2022, indeks PMI masih berada di zona ekspansif, yaitu di angka 53,7.

Menurut Airlangga, aktivitas manufaktur ini merupakan respon dari peningkatan produksi, akibat dari permintaan pasa dalam negeri atau domestik yang meningkat.

Selain indeks manufaktur, indikator dini ekonomi yang membaik juga tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang meningkat ke level 119,6 pada Januari 2022.

“Berbagai indikator ekonomi ini kemudian mendukung prospek pemulihan ekonomi ke depan,” tutur Airlangga dalam keterangan resminya, (12/2).

Prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin terlihat jelas, setelah lembaga pemeringkat Moody’s yang mempertahankan peringkat utang Indonesia di level Baa2 atau layak investasi (investment grade) dengan outlook stabil.

Sehingga, besar kemungkinan untuk Indonesia memperoleh kucuran dana segar dari asing melalui jalur invesatasi.

Pemerintah pun bertekad untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi agar target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai.

“Pemeirntah berkomitmen untuk terus menjaga sinergi pemulihan ekonomi yang terjadi antara sisi suplai dan permintaan (demand),” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.