Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizRibuan UMKM Bakal Dilibatkan Dukung Ajang MotoGP Mandalika

Ribuan UMKM Bakal Dilibatkan Dukung Ajang MotoGP Mandalika

NTB, HOLOPIS.COM Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana memfasilitasi sekitar 1.032 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendukung perhelatan MotoGP Mandalika yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri. Ia mengatakan bahwa sebanyak 1.032 UMKM itu nantinya akan diboyong di luar dan sekitar lokasi Sirkuit Mandalika.

“Data ini masih sementara dan masih bisa berubah sesuai kondisi,” kata Masyhuri di Lombok Tengah, Sabtu (12/2).

Kemudian, ia pun menjelaskan, bahwa akan ada 13 titik yang bakal digunakan untuk memfasilitasi UMKM tersebut. Titik-titik itu tersebar di sejumlah kabupaten di Pulau Lombok, selain di area Sirkuit Mandalika.

Adapun UMKM tersebut akan melewati proses kurasi lebih dahulu. Kurasi dilakukan untuk mencari, memilih, dan menilai produk UMKM, kemudian akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada para wisatawan.

“Kita juga akan memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM bagaimana cara melakukan promosi yang baik, menjual harga yang layak dan menjual barang yang aman sesuai standarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Masyhuri juga berharap agar perhelatan MotoGP 2022 menjadi momentum yang tepat untuk UMKM lokal NTB bangkit di tengah pandemi Covid-19.

“Harapan kita UMKM kita menjadi bangkit. Sebab selain UMKM masih banyak faktor lain yang akan diuntungkan dengan adanya MotoGP ini,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti menyebutkan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah titik untuk UMKM memajang hasil produknya selama MotoGP berlangsung. Antara lain, areal parkir timur, parkir barat, kawasan sirkuit, Bazaar Mandalika, Beach Park Kuta Mandalika, Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang, Taman Sangkareang RS Mandalika, dan Islamic Center di Kota Mataram.

Nelly menjelaskan, pemetaan spot UMKM tersebut dilakukan berdasarkan evaluasi dan analisa pasar dari pengalaman perhelatan World Superbike (WSBK) November 2021 lalu.

“Terbanyak bergerak di usaha kuliner, selanjutnya fashion, kerajinan, industri otomotif, tenun, dan lainnya,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.