Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ribuan Rumah di Kabupaten Empat Lawang Terendam Banjir

SUMSEL, HOLOPIS.COM – Ribuan rumah warga yang berada di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan terendam banjir dengan ketinggian maksimal hingga 100 sentimeter.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengungkapkan, bencana banjir yang terjadi sejak Sabtu (5/2) tersebut setidaknya tersebar di lima desa.

“Lima desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatra Selatan terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 20 – 100 sentimeter itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sejak sore hari,” kata Abdul, Minggu (6/2).

Dikatakan Abdul, hingga hari ini pun banjir masih menggenangi lima desa tersebut di antaranya Desa Padanggelai, Desa Muara Rungga, Desa Padang Bindu, Desa Muara Sindang dan Desa Nanjungan.

“Banjir tersebut menyebabkan 1.093 KK terdampak. Tidak ada laporan warga yang terluka akibat peristiwa ini. Sedangkan dampak kerugian material, BPBD setempat mencatat rumah terendam sebanyak 1.078 unit, 1 unit fasilitas rumah ibadah rusak serta aset warga yang berupa 244 hektar lahan pertanian ikut terdampak,” terangnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Provinsi Sumatra Selatan yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir/kilat dan angin kencang hingga Selasa (8/2).

Abdul kemudian menyarankan berdasarkan rekomendasi dari BMKG, kepada lintas instansi terkait dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dari ancaman bencana hudrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru