JAKARTA, HOLOPIS.COMPolitisi dan aktivis Korea Selatan mengkritik China yang dianggap merampas budaya Korea, setelah seorang wanita yang tampak mengenakan pakaian tradisional Korea muncul di antara perwakilan China dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing.

“Kami sangat menyesali ada hanbok diantara kostum minoritas China saat acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing,” demikian dikatakan Anggota Parlemen Lee So Young.

Lee So Young menyebutkan momen saat seorang wanita terlihat mengenakan gaun putih dan merah muda di antara orang yang memegang bendera China saat upacara.

“Ini bukanlah pertama kali China mengaku-ngaku budaya Korea sebagai budaya mereka. Jika sentimen anti-China masyarakat Korea semakin kuat dengan membiarkan isu ini apa adanya, maka akan menjadi kendala besar dalam melakukan diplomasi dengan China di masa depan,” lanjut Lee.

China adalah rumah bagi sekitar 2 juta masyarakat etnis Korea, di mana setengahnya tinggal di sisi China perbatasan Korea Utara.

Sementara itu masyarakat Korea Selatan telah menyatakan kemarahan atas klaim China mengenai berapa aspek budaya Korea seperti kimchi, lauk Korea yang dibuat dengan kubis yang difermentasi, atau pakaian tradisional Korea yang disebut hanbok, dikatakan berasal dari China.