Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Rusia – China Sepakat Bekerjasama dan ‘Lawan’ Amerika Serikat

JAKARTA, HOLOPIS.COMChina dan Rusia mengumumkan kemitraan strategis untuk menghadapi fitnahan Amerika Serikat saat Presiden China Xi Jinping menjamu Presiden Rusia, Vladimir Putrin di hari pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijin 2022.

“Persahabatan antara dua negara tidak ada batasnya, tidak area terlarang dalam kerja sama,” kata pernyataan dari kedua negara.
Rusia-China mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana untuk berkolaborasi dalam isu perubahaan iklim, artificial intelligence, internet, dll.

Perjanjian tersebut menandai pernyataan paling rinci dan tegas dari tekad Rusia dan China untuk bekerja sama dan melawan Amerika Serikat, dalam membangun tatanan internasional baru berdasarkan interpretasi mereka sendiri tentang hak asasi manusia dan demokrasi. Terkait kabar tersebut, Amerika Serikat memberikan tanggapan yang tenang.

Melansir CNA, Sabtu (5/1), Sekertaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, Presiden Biden memiliki hubungan tersendiri dengan China.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki
Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki (Foto: Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)

Sedangkan dalam menganggapi pasukan tentara Rusia di Ukraina,Psaki mengatakan AS masih fokus dalam bekerja sama dengan negara lain jika Rusia benar-benar invasi Ukraina.

“Kami juga telah menyampaikan bahwa konflik destabilisasi di Eropa akan berdampak pada kepentingan China di seluruh dunia,” tambah Psaki.

Diketahui AS mengklaim bahwa Rusia akan segera invasi Ukraina setelah mengerahkan pasukannya di dekat perbatasan Ukraina.
Tuduhan AS tersebut pun dibantah Rusia dengan mengatakan AS hanya membual agar Rusia semakin banyak musuh.

Tak hanya itu, AS dan sekutunya melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 karena isu HAM yang terjadi pada kaum minoritas dan musim Uyghur di China.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru