JAKARTA, HOLOPIS.COM Setelah tidak lagi menjual Suzuki Karimun di pasar lokal, PT Suzuki Indomobil Sales maaih andalkan Suzuki Ignis disegmen mobil perkotaan (city car).

Penjualan Suzuki Ignis khususnya tipe GX, masih stabil sehingga mampu menutupi ceruk pasar yang ditinggal Karimun Wagon.

“Ignis bisa menutup, istilahnya me-cover penjualan Karimun. Karena secara demand, Ignis itu stabil bahkan naik,” ujar Harold Donnel, Head of 4Wheel Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (3/2).

Diakui Harold, saat ini Suzuki sedang mendiskusikan produk baru untuk pasar Indonesia. “Facelift masih dalam diskusi. Apakah akan lanjut atau akan ada nama baru,” ungkapnya.

Pada November 2021, Shodiq Wicaksono selaku Managing Director Suzuki Indonesia mengatakan Suzuki sedang menyiapkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Namun dia tidak menjelaskan jenis kendaraan yang dimaksud, apakah Ertiga, XL7 atau model yang sepenuhnya baru.

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” kata dia.

Meskipun tidak agresif mengenalkan produk pada 2021, namun Suzuki tetap menduduki posisi lima besar penjualan nasional sebanyak 91.122 unit mobil (whole sales Gaikindo).