Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Gempa M 5,2 Guncang Bengkulu

BENGKULU, HOLOPIS.COM – Wilayah Bengkulu diguncang gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 pada pukul 11.13 WIB, Senin (29/3). Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 4,9.
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,6 LS dan 102,58 BT.
Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 52 km.
Dijelaskan Bambang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.
“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang.
Kendati hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, namun, dampak getaran dari guncangan gempa tektonik ini dirasakan di sejumlah daerah dengan intensitas yang bervariasi. Getaran gempa bumi dengan skala intensitas III-IV MMI dirasakan di daerah Bengkulu Selatan, Manna dan Seluma. Di mana dengan intensitas getaran gempa ini bila pada siang hari, getaran dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru