JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengungkapkan kekesalannya kepada orang-orang yang tidak mau divaksinasi Covid-19.

Ia berencana untuk membuat hidup warga yang tak mau divaksinasi menjadi lebih sulit.

“Orang yang belum divaksinasi, ingin saya buat emosi. Kami berencana akan terus membuat mereka marah, itu tujuan kami,” kata Macron, dilansir dari Skynews, Rabu (5/1).

Sementara itu, musuh-musuh politik Emmanuel mengambil momen ini dan mengatakan bahwa kata-kata yang dipilih oleh sang presiden dianggap tidak pantas dikeluarkan oleh seorang pemimpin.

Setelah membuat peraturan kartu kesehatan untuk memasuki tempat-tempat umum, berikutnya pemerintahan Macron akan memberlakukan peraturan paspor vaksinasi, yang hanya memungkinkan orang yang sudah divaksinasi penuh untuk dapat mengunjungi tempat-tempat umum.

“Saya tidak akan memenjarakan mereka yang belum divaksinasi, dan tidak akan memaksa orang untuk divaksin. Karena dari itu kita perlu memberitahu mereka, bahwa sejak 15 Januari, kalian tidak akan bisa pergi ke restoran, tidak akan bisa minum kopi, dan pergi ke bisokop,” kata Macron.

Saat ini, sekitar 73% masyarakat Prancis dari keseluruhan populasi telah divaksinasi Covid-19.