JAKARTA, HOLOPIS.COM – Siapa yang tak tahu dengan buah blackberry? ternyata bukan nama telepon genggam saja. Buah yang satu ini mungkin sudah tak asing, karena rasa buah blackberry sangat lezat, manis dan sedikit asam.

Buah blackberry terkenal dengan nutrisi yang melimpah dan sumber serat, vitamin C, mangan yang sangat baik untuk tubuh kalian loh.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah ini membuat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan buah blackberry juga dianggap sebagai makanan super yang sayang banget jika Sobat Holopis lewatkan.

Buah blackberry sangat segar jika dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan ataupun minuman. Berikut ini beberaoa kandungan yang terdapat dalam buat blackberry, antara lain:

• Kalori
• Lemak
• Protein
• Sodium
• Karbohidrat
• Serat
• Gula

Banyak kandungan karbohidrat dalam buah blackberry, yaitu fruktosa, sukrosa, dan juga glukosa. Tetapi dalam buah ini terdapat karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan sehingga kurang berpengaruh terhadap gula darah dan buah ini juga mengandung serat larut dan juga tak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan kita.

Sementara itu, kandungan vitamin C dan mangan dalam buah ini menjadikan antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas.

Tak hanya itu, buah blackberry juga mengandung vitamin K, kalium, magnesium, vitamin A, dan zat besi dalam jumlah yang sedang.

Lantas apa saja manfaat dari buah blackberry jika kita mengonsumsinya?

Manfaat Buah Blackberry

Beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah blackberry, menjadikan buah ini kaya akan manfaat. Berikut ini manfaat buah blackberry untuk kesehatan tubuh kita menurut dr. Karlina Lestari, antara lain:

  • Menguatkan Tulang

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa buah blackberry mampu memenuhi 32% kebutuhan harian vitamin K. Vitamin inilah yang digunakan tubuh untuk menghasilkan protein bagi tulang yang sehat.

Vitamin K juga dapat membantu menguatkan tulang sehingga mencegah osteoporosis dan juga osteopenia. Jika Sobat Holopis kekurangan vitamin K, maka akan menyebabkan penipisan dan patah tulang.

Perlu Sobat Holopis ketahui bahwa kandungan mangan dalam buah ini juga sangat penting untuk perkembangan tulang loh.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa mengonsumsi buah berry seperti buah blackberry dapat meningkatkan kesehatan otak dan membantu mencegah hilangnya ingatan karena penuaan.

Kandungan antioksidan dalam buah blackberry dapat membantu melawan radikal bebas dan mengubah cara neuron otak untuk berkomunikasi. Tak hanya itu, antioksidan juga dapat membantu mengurangi peradangan otak yang bisa menyebabkan masalah kognitif dan juga motorik.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Ada beberapa peneliti yang menemukan bahwa ekstrak buah blackberry memiliki kemampuan antibakteri dan anti peradangan terhadap beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit mulut.

selain itu juga, ekstrak inilah yang membantu mencegah dan mengendalikan penyakit pada gusi serta gigi berlubang, tetapi penyataan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Menurunkan Tekanan Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antosianin dalam buah blackberry dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahat (LDL) hingga 50%. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya pengurangan yang signifikan terhadap risiko aterosklerosis dan juga penyakit jantung.

  • Melawan Sel Kanker

Kandungan antosianin pada buah blackberry memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel tumor. Selain itu juga, buah blackberry mengandung senyawa kimia yang bernama flavonoid, dipercaya mampu melawan kanker kulit dan juga kanker paru-paru.

  • Menjadi Sumber Vitamin C

Buah blackberry kaya akan vitamin C, bahkan buah ini dapat memenuhi setengah dari nilai kebutuhan harian kalian yang sudah direkomendasikan banyak dokter. Vitamin C inilah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka, meregenerasikan kulit, melawan radikal bebas, menyerap zat besi, meredakan flu, dan juga mencegah penyakit kudis.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi pembentukan zat penyebab kanker dalam tubuh kita loh. Tak hanya itu juga, vitamin C juga bertindak sebagai kandungan antioksidan yang dapat mengurangi setres oksidatif yang menyebabkan kanker.

Lalu apakah ada efek samping yang diberikan oleh buah blackberry?